VISI DAN MISI

VISI, MISI DAN TUJUAN

MAN 1 BREBES

  • VISI

”Islami yang Anggun Bermoral dan Unggul dalam Berprestasi.

  • MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas baik bidang IPTEK maupun IMTAQ dalam rangka meningkatkan daya saing dan produktivitas bangsa.
  2. Mewujudkan lingkungan yang bersih, asri dan agamis.
  3. PBM yang berorientasi pada pemberdayaan peserta didik agar mampu menguasai materi pengetahuan dan ketrampilan untuk bekal kehidupan.
  4. Pemberdayaan masjid sebagai laboratorium keagamaan, pembiasaan sholat berjamaah serta sunah, tartil Al Qur’an, ucapan kalimat Thoyibah dan perilaku sopan.
  5. Kerja sama dengan orang tua/wali (komite Madrasah) menjalin hubungan baik dengan masyarakat, kerja sama dengan dunia usaha sebagai perwujudan managemen berbasis sekolah (MBS).
  • TUJUAN

Secara umum, tujuan MAN 1 Brebes adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Bertolak dari tujuan pendidikan dasar tersebut, MAN 1 Brebes mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 rata-rata Nilai UN mencapai nilai minimal 7,55.
  2. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 proporsi lulusan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi favotit minimal 37,5%.
  3. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki kelompok KIR dan mampu menjadi finalis LKIR tingkat kota dan provinsi.
  4. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki tim olah raga minimal 4 tim cabang dan mampu menjadi finalis tingkat provinsi.
  5. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota dan provinsi.
  6. Pada Tahun Pelajaran 2017/2018 sekurang-kurangnya 97,5% siswa terbiasa salat zuhur berjamaah dan salat duha serta sunah lainnya.
  7. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi, inovatof, dan bermakna, diantaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
  8. Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler.
  9. Melestarikan budaya daerah melalui mulok Bahasa daerah dengan indikator 87,5% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
  10. Membekali sekurang-kurangnya 97,5% siswa mampu membaca dan menulis Al-Quran.
  11. Membekali 100% siswa mampu mengakses informasi yang positif dari internet.
%d bloggers like this: