Sadar Jaminan Sosial Sejak Dini, MAN 1 Brebes Gelar P5P2RA Bertajuk Jaminan Sosial untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

MAN 1 Brebes bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan menggelar P5P2RA bertajuk"Jaminan Sosial untuk Masa Depan yang Lebih Cerah"dengan fokus memperkuat pemahaman pentingnya jaminan sosial dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA). Proyek ini dijadwalkan 4 hari (1 - 4 Oktober 2024) yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI

Amaludin, M. Pd. I wakil kepala bidang akademik menyampaikan narasumber dari BPJS akan mensosialisasikan kepada siswa terbagi dalam dua sesi. Ia menjelaskan bagaimana tema jaminan sosial dalam P5RA dapat meningkatkan keterampilan kreatif, berpikir kritis, serta membangun semangat gotong royong di kalangan siswa, sejalan dengan prinsip Pelajar Pancasila.

Sesi pertama diisi oleh Siti Purwaningsih, Dwita Purnamasari, Fatmahwati, Nandya Finandika dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tegal yang menjelaskan alur pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, serta layanan BPJS Kesehatan yang tersedia bagi masyarakat.

Niken Febi Olivia dan Raja Sianturi dari BPJS Ketenagakerjaan Sesi kedua menyoroti risiko yang dihadapi pekerja dan jenis jaminan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ia menekankan pentingnya kesadaran akan perlindungan bagi pekerja dalam menghadapi risiko pekerjaan.Hal ini sejalan dengan 'Kerja Keras Bebas Cemas' yang merupakan kampanye brand BPJS Ketenagakerjaan.

Nurhayati, M. Pd kepala MAN 1 Brebes menegaskan dengan masuknya pendidikan jaminan sosial ini di dalam kurikulum pembelajaran, saya yakin bisa mempercepat pemahaman masyarakat terkait pentingnya program pemerintah ini. Para siswa sebagai bagian dari generasi muda diharapkan sadar jaminan sosial sejak dini, sehingga nantinya mereka dapat ikut menyadarkan lingkungan sekitarnya,"ujarnya

Nurhayati berharap siswa yang mengikuti kegiatan dapat ikut menyebarluaskan informasi yang telah didapatkan ke keluarga dan lingkungan sekitar.

Diana (HUM MANSABES )

Tags :  

Komentar

Saat ini Komentar Tidak tersedia.